Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel

logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Saumlaki Kelas II

Jln Ir. Soekarno. Kec. Tanimbar Selatan, Kab. Maluku Tenggara Barat, Saumlaki. 97664

Prosedur Peninjauan Kembali Perkara Perdata

Prosedur Peninjauan Kembali Perkara Perdata
  1. Dalam waktu 180 hari sejak putusan berkekuatan hukum tetap atau sejak ditemukan adanya bukti-bukti baru, Panitera menerima permohonan peninjauan kembali yang diajukan para pihak.
  2. Permohonan Peninjauan Kembali dapat diterima, apabila panjar yang ditentukan dalam SKUM oleh Meja pertama telah dibayar lunas.
  3. Apabila panjar biaya peninjauan kembali telah dibayar lunas, maka Panitera Pengadilan Negeri wajib membuat akta peninjauan kembali dan mencatat permohonan tersebut kedalam register induk perkara perdata dan register peninjauan kembali.
  4. Selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari, Panitera wajib memberitahukan tentang permohonan peninjauan kembali kepada pihak lawannya, dengan memberikan/mengirimkan salinan permohonan peninjauan kembali beserta alasan-alasannya kepada pihak lawan.
  5. Jawaban/tanggapan atas alasan peninjauan kembali selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak alasan peninjauan kembali tersebut diterima, harus sudah diterima di Kepaniteraan untuk disampaikan pihak lawan.
  6. Jawaban/tanggapan atas alasan peninjauan kembali yang diterima di kepaniteraan Pengadilan Negeri, harus dibubuhi hari dan tanggal penerimaan yang dinyatakan diatas surat jawaban tersebut.
  7. Dalam waktu 30 hari setelah menerima jawaban tersebut berkas peninjauan kembali berupa berkas A dan B harus dikirim ke Mahkamah Agung.
  8. Dalam menentukan biaya Peninjauan Kembali, diperhitungkan:
    1. besarnya biaya kasasi yang ditetapkan oleh Ketua Mahkamah Agung,
    2. biaya pengiriman uang melalui Bank,
    3. ongkos kirim berkas,
    4. biaya pemberitahuan, berupa:
      • pemberitahuan pernyataan PK dan alasan PK,
      • pemberitahuan jawaban atas permohonan PK.
      • pemberitahuan penyampaian salinan putusan kepada pemohon PK.
      • pemberitahuan bunyi  putusan kepada termohon PK.
  9. Foto copy relas pemberitahuan putusan Mahkamah Agung, supaya dikirim ke Mahkamah Agung.





Berita Terkini

21Jun

Acara Pengantar Tugas Bapak. Alex Sanjaya,S.H Ke Pengadilan Negeri Ngabang
Pada hari Senin tanggal 19 Juni 2017, Acara Pengantar Tugas Bapak. Alex Sanjaya,S.H Ke Pengadilan Negeri Ngabang, dihadiri oleh semua keluarga besar PN Saumlaki Acara berlangsung dengan baik dan penuh haru, diawali dengan pemutaran video kilas balik selama bertugas di PN Saumlaki, kesan dan pesan oleh Bapak. Alex Sanjaya,S.H dan […]

02Jun

Upacara Bendera Peringantan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017
Sesuai Keputusan Presiden RI Nomor : 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, Surat Menteri Sekretaris Negara RI Nomor : B-437/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2017 tentang Penyelenggara Upacara Bendera Peringantan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 dan Pekan Pancasila dan Surat Sekretaris MA RI Nomor : 204/SEK/HM.01.2/5/2017, maka seluruh jajarang Para Hakim, Para Pejabat, Para […]

02Jun

Pemeriksaan Rutin atau Reguler Pada Pengadilan Negeri Saumlaki oleh BAWAS MA.RI
Pada Hari Senin, tanggal 29 Mei 2017 s/d Rabu 31 Mei 2017, Telah dilakukan Pemeriksaan Rutin atau Reguler pada Pengadilan Negeri Saumlaki oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I, Tim Pemeriksa yaitu Ibu. Asnahwati, Inspektur Wilayah II/Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung R.I Sebagai Ketua ; Bapak. H. Makmun […]